Tuesday, March 13, 2012

Pandangan Agama Kristen pada Euthanasia Aktif

1.Tak ada orang yang mempunyai hak moral untuk membunuh manusia tak bersalah. Kata Alkitab, “Jangan membunuh” (Kel. 20:30). “..dan seorang pun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku” (Ul. 32:29). Ayub mengatakan, ”Tuhan memberi, Tuhan yang mengambil” (Ayb. 1:21) dan Dia saja yang berhak mengambilnya (Ibr 9:27). Kesalahan euthanasia aktif adalah memainkan peranan sebagai Allah dan bukan manusia. Bahkan Alkitab mengatakan bahwa kita bukanlah pencipta hidup kita. Jadi hidup kita bukanlah milik kita (Kis. 14:17; 17:24-25)
2.Bukan belas kasihan jika membunuh penderita. Membunuh bayi belum lahir sama saja dengan Child Abuse. Membunuh bayi cacat atau kaum dewasa yang menderita bukan menghindarkan dari kesengsaraan manusia, melainkan menyebabkan penderitaan kematian. Bahkan Alkitab mengatakan, membunuh orang yang tak bersalah bukan perbuatan baik; melainkan kejahatan (Kel 20:13).
3.Jika euthanasia adalah memperbolehkan membunuh dengan tujuan yang baik, maka dengan membunuh pendukung euthanasia dan aborsi, jutaan nyawa bisa terselmatakan. Tetapi tidak akan ada pendukung euthanasia yang memperbolehkannya.
4.Dari penderitaan banyak dapat dipelajari. “ kita tahu bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji mienimbulakan pengharapan” (Rm. 5:3-4). Yakobus berkata, “..anggaplah sebagai suatu kebahagiaan , apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan”. Penderitaan membentuk karakter, “tiap-tiap pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya” (Ibr. 12:11).
5.Tidak ada label haraga pada hidup manusia. Yesus berkata, “ Apa gunanya seorang memperolah seluruh dunia, tetapi kehilangan nyawanya?” (Mrk. 8:36). Suatu nyawa manusia lebih berharga daripada apapun di dunia ini (Mat. 6:26). Pandangan membunuh untuk menghemat uang adalah materialistis.
6.Tujuan tidak membenarkan cara.
7.Manusia bukanlah hewan. “..sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri” (Kej. 9:6)

1 comment:

  1. thx sharingnya.. mau tanya bagaimana kalau keluarganya tidak mampu lagi membiaya segala peralatan medis yang dipasang ditubuh seorang Pasien. kalau diteruskan tidak ada biaya, kalau dicabut disebut pembunuhan...pendapatnya bagaimana tentang hal ini ?...makasih

    ReplyDelete